Pusat Bisnis | Kerjasama Usaha & Kemitraan
Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Bunga Rosella

Bunga Rosella

Diposting pada 29 April 2019 oleh interbiz

Bunga Rosella

Rosela atau asam paya merupakan tanaman yang relatif baru dalam dunia industri di Malaysia. Rosela diperkenalkan pada awal 1990-an dan penanaman komersial pertama kali dipromosikan pada tahun 1993 oleh Departemen Pertanian di Terengganu. Areal yang ditanami adalah sekitar 12,8 ha (30 hektaree) pada tahun 1993, tetapi dapat terus meningkat menjadi 506 ha pada (1.000 hektaree) pada tahun 2000. Areal yang ditanami sekarang kurang dari 150 ha (400 hektare) per tahun, di Malaysia umumnya rosela ditanam dengan dua varietas utama. Terengganu adalah wilayah yang pertama dan dipersiapkan untuk menjadi produsen terbesar di Malaysia, namun produksi rosela sekarang telah menyebar ke wilayah-wilayah lain di Malaysia. Walaupun luas lahan semakin berkurang selama satu dekade terakhir atau lebih, rosela menjadi semakin dikenal oleh masyarakat luas sebagai minuman kesehatan yang penting di Malaysia. Untuk sebagian kecil, rosela juga diolah menjadi acar manis, jeli dan juga selai.

Kandungan gizi bunga rosella
Manfaat yang ada pada bunga rosella tentunya tidak lepas dari zat-zat gizi yang dikandungnya. Bunga rosela mengandung beberapa vitamin di antaranya adalah vitamin C, vitamin B3 (niasin), vitamin B9 (folat).

Selain vitamin, bunga rosella juga banyak mengandung beberapa jenis mineral seperti zat besi, kalsium, seng, natrium, fosfor, magnesium, dan kalium. Rosella juga kaya akan kandungan antosianin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama rosela atau rosella sedangkan di Australia, rosela ini dikenal sebagai rosella atau buah rosella (rosella fruit). Di belahan dunia lain rosela dikenal dengan cannabinus hibiscus juga dikenal sebagai meśta / meshta di India , Tengamora di Assam, Gongura dalam bahasa Telugu, Pundi di Kannada, LalChatni atau Kutrum di Mithila, Mathipuli di Kerala, dagu 

Manfaat bunga rosella

Tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, bunga rosella adalah bunga yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Manfaat bunga rosella bagi kesehatan bisa untuk mencegah dan mengatasi beberapa jenis penyakit.

Khasiat rosela antara lain untuk menurunkan asam urat, Hipertensi, Diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan Tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol.

Pemanfaatan kelopak bunga Rosela sudah dikenal dan diteliti baik oleh pakar kesehatan modern maupun pakar kesehatan tradisional di berbagai negara di dunia. Kelopak bunga tersebut diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga rosella bagi kesehatan:

1. Mengatasi infeksi dan peradangan
Bunga rosella memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang ada di dalam bunga rosela bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

Jadi, manfaat bunga rosella bisa untuk mengobati beberapa penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri atau adanya peradangan. Bunga rosela bisa meredakan nyeri haid, demma, batuk, pilek, dan lainnya.

2. Mengurangi rasa cemas dan depresi
Bunga rosella ternyata juga memiliki manfaat terhadap kondisi tubuh secara psikis. Manfaat bunga rosella bisa untuk mengurangi rasa cemas dan depresi karena suatu hal tertentu. Ini dikarenakan rosella mengandung flavonoid.

Flavonoid yang terkandung di dalam bunga rosela memiliki sifat antidepresan. Pengonsumsian bunga rosela baik dalam bentuk teh maupun olahan lainnya bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan santai.

3. Mencegah tumor dan kanker
Tumor dan kanker adalah masalah medis yang sangat serius dan menyeramkan. Oleh karena itu, cegahlah sebelum hal itu menyerang Anda. Anda bisa mengonsumsi bunga rosella untuk mencegah tumor dan kanker karena rosela mengandung zat antioksidan dan antikarsinogenik.

4. Menjaga kesehatan pencernaan
Kondisi kesehatan saluran pencernaan sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Saluran pencernaan yang sehat juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Oleh karena itu, kesehatan saluran pencernaan harus tetap dijaga.

Bunga rosella bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Pengonsumsian bunga rosela bisa melancarkan buang air besar sehingga bisa mengatasi sembelit atau sulit buang air besar.

5. Menjaga kesehatan organ hati
Manfaat bunga rosela bisa menjaga kesehatan organ hati agar terhindar dari berbagai jenis masalah medis. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam bunga rosella terbukti mampu mengobati masalah atau gangguan hati.

Kandungan antioksidan pada bunga rosella bisa menangkal radikal bebas dan menetralisir racun yang ada di jaringan dan sel-sel tubuh. Ini membuat kerja hati menjadi lebih ringan karena racun-racun di dalam tubuh sudah banyak terbuang oleh antioksidan.

6. Menurunkan kadar lipid darah
Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan dan organ hati, manfaat bunga rosella juga bisa menjaga kesehatan organ jantung dan pembuluh darah. Bunga rosela bisa menurunkan kadar terigliserida dan kolesterol jahat atau kolesterol LDL di dalam tubuh.

Kadar trigliserida dan kolesterol LDL yang rendah sangat berdampak pada sistem kardiovaskular Anda. Jantung dan pembuluh darah akan tetap sehat jika kadar kolesterol LDL dan trigliserida tetap rendah di dalam darah.

7. Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah juga hal yang tak kalah pentingnya untuk dijaga di samping kadar lipid darah. Tubuh sehat harus memiliki tekanan darah yang normal. Tekanan darah yang tinggi (hipertensi) merupakan indikator adanya masalah medis pada tubuh.

Konsumsi bunga rosella bisa membantu tubuh untuk menjaga dan mengembalikan tekanan darah menjadi normal. Manfaat bunga rosella bisa menurunkan tekanan darah bagi para penderita hipertensi. Oleh karena itu, penderita hipertensi sebaiknya mengonsumsi teh rosella secara rutin.

8. Menurunkan berat badan
Rosella juga memainkan perannya sebagai teh pelangsing. Bagi Anda yang memiliki masalah untuk menurunkan berat badan, minum teh rosella bisa menjadi sebuah solusi. Ini dikarenakan manfaat bunga rosella bisa menurunkan berat badan Anda.

Bunga rosella bisa menghambat produksi amilase sehinga akan menurunkan penyerapan glukosa dan pati. Jika penyerapan glukosa dan pati mengalami penurunan maka ini bisa menurunkan asupan kalori pada tubuh dan pada akhirnya bisa mengurangi berat badan Anda.

 

Bagikan informasi tentang Bunga Rosella kepada teman atau kerabat Anda.

Bunga Rosella | Grosir Herbal Murah

Belum ada komentar untuk Bunga Rosella

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan