Pusat Bisnis | Kerjasama Usaha & Kemitraan
Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan

Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan

Diposting pada 15 April 2019 oleh interbiz

Keajaiban Madu Hitam Untuk Kesehatan

Faktanya, tak semua madu memiliki rasa yang manis dan warna bening kecoklatan. Di luar sana ternyata masih ada jenis madu lain yang berwarna hitam dan berasa pahit. Meski berkesan kurang menarik untuk dinikmati, namun khasiat madu hitam ternyata sangat luar biasa.

Warna madu bervariasi dari terang hingga lebih gelap atau hitam. Makin gelap warnanya, maka makin efektif manfaatnya sebagai antibakteri dan lebih kaya antioksidan. Inilah mengapa banyak orang yang menganggap manfaat madu hitam lebih baik dibandingkan madu biasa. Madu mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, asam amino, gula, dan antioksidan dari fenol dan flavonoid.

Di Indonesia sendiri, madu yang sering disebut propolis ini banyak dijumpai dalam hutan di wilayah Kalimantan, Sumbawa, maupun Bangka Belitung. Manfaat madu hitam mungkin saja lebih baik daripada madu yang berwarna karena mengandung komponen fenol yang lebih tinggi. Semakin tinggi kandungan fenol maka kapasitas antioksidan flavonoid di dalam madu jenis ini juga otomatis menjadi lebih tinggi.

Manfaat dan Khasiat Madu Hitam

Mendongkrak sistem kekebalan tubuh

Keberadaan antioksidan, anti-virus, anti-bakteri, dan vitamin C yang tinggi tersebut tentulah sangat membantu sistem imun sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah jatuh sakit. Selain itu, madu hitam juga bisa mendetoksifikasi tubuh dari toksin atau racun. Tubuh tak hanya sehat, namun juga bebas bau badan berkat propolis.

Baik untuk kesehatan kulit

Bila dimanfaatkan sebagai masker, madu hitam ternyata dapat memudarkan flek hitam serta jerawat, dan mampu mengencangkan kulit sekaligus menghilangkan kusam pada wajah.

Obat alergi

Anda yang mudah alergi juga harus membuktikan khasiat madu hitam dalam memperkuat imun tubuh. Madu akan memperbaiki sistem imun Anda sehingga mampu meminimalisir reaksi hipersensitifitas atau alergi.

Membantu program diet

Walau dapat meningkatkan nafsu makan, namun madu hitam membutuhkan waktu lama agar dapat dicerna dengan baik. Hal ini membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga cocok untuk Anda yang sedang ingin menguruskan badan.

Menguatkan ginjal

Sama seperti hati, ginjal pun akan mendapat keuntungan dan kekuatan baru kalau Anda mengonsumsi madu hitam secara rutin. Disamping mengonsumsi madu, perbanyaklah minum air putih.

Menyembuhkan maag

Karena asam lambung jadi netral, maka otomatis madu hitam juga bisa diberdayakan untuk mengobati gangguan lambung seperti maag. Anda tak perlu lagi mengonsumsi obat-obatan maag, cukup pilih propolis sebagai obat alami.

Membantu fungsi hati

Bukan hanya lambung saja yang akan berterima kasih bila Anda mengonsumsi propolis, namun organ liver juga. Ya, madu hitam ternyata dapat menguatkan liver sehingga dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Menurunkan kolesterol

Tak hanya asam urat yang siap diperangi oleh propolis, namun kolesterol jahat juga. Anda tinggal mencampurkan madu dengan bahan herbal lain yang mengandung senyawa Sinamaldehid. Sifat senyawa yang anti-agregasi platelet dan vasolidator ini dapat meluruhkan kolesterol yang menempel atau menggumpal dalam pembuluh darah. 

Menurunkan kadar gula dalam darah

Sempat disinggung sebelumnya, kandungan gula yang rendah dalam madu hitam membuatnya baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Alasan lainnya, madu hitam juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Meminimalisir gejala asam urat

Khasiat madu hitam berikutnya pasti dapat menghibur Anda yang rawan terkena asam urat. Dengan mengonsumsi madu hitam murni secara teratur, maka gejala asam urat dapat diminimalisir sehingga tak sampai mengganggu kesehatan dan aktivitas Anda.

Menetralkan asam lambung

Setelah masuk ke dalam tubuh, madu hitam akan menetralkan asam lambung sehingga Anda tak perlu khawatir bila ingin mengonsumsi makanan asam atau yang bersifat panas. 

Memulihkan stamina yang hilang

Jika Anda ngin merasa segar bugar setelah melakukan aktivitas berat, jangan ambil minuman dingin atau makanan manis. Cobalah mengonsumsi madu hitam yang tak hanya memulihkan stamina tubuh yang hilang, namun juga gairah seksual seseorang.

Di samping penderita diabetes, mereka yang hipertensi atau anemia juga bisa merasakan khasiat madu hitam agar membantu mempercepat proses penyembuhan.

Penelitian yang mengemukakan bahwa madu hitam lebih unggul karena bersifat lebih stabil sehingga kandungan zat di dalamnya tidak mudah rusak.

Sebagaimana disebutkan di atas, satu faktor yang menjadikan manfaat madu hitam lebih unggul adalah kandungan asam fenolat dan flavonoid. Berikut penjelasan mengenai kandungan asam fenolat dan antioksidan flavonoid dalam madu hitam:

Asam fenolat
Senyawa asam fenolat sendiri merupakan salah satu kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan dan jenisnya pun sangat beragam. Sejauh ini, berdasarkan struktur kimianya saja setidaknya ada 8.000 jenis asam fenolat. Dalam tubuh manusia, senyawa ini berperan sebagai antioksidan alami yang menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.
Menurut riset, kebaikan dari senyawa fenolat dari madu hitam ditunjukkan dalam beberapa aktivitas yang menguntungkan, seperti antikanker, antiinflamasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menghambat penyempitan pembuluh darah karena dianggap dapat menghambat penggumpalan trombosit. Efek ini dianggap baik untuk membantu mencegah penyakit jantung koroner.

Flavonoid
Manfaat madu hitam bagi kesehatan lainnya yaitu terkait antioksidan flavonoid yang terkandung di dalamnya. Penelitian tentang senyawa ini telah banyak dilakukan. Penelitian-penelitian tersebut membuktikan bahwa flavonoid bersifat sebagai antioksidan, melawan radikal bebas dalam tubuh, antikanker, serta mencegah penyakit jantung koroner, diabetes, dan stroke. Senyawa ini juga mungkin berpotensi sebagai obat untuk membantu mengatasi penyakit terkait alergi, seperti eksim atopik, asma, dan rhinitis.
Tak hanya itu, flavonoid dapat melindungi sel-sel saraf dari kerusakan. Antioksidan ini bahkan dapat membantu regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. Flavonoid juga dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak dan kemampuan kognitif tetap terjaga.
Terakhir, flavonoid diduga memiliki efek yang dapat membantu jaringan tubuh memperbaiki diri sendiri setelah mengalami luka akibat radiasi. Namun penelitian terhadap efektivitas flavonoid dalam menyembuhkan efek radiasi baru dilakukan kepada hewan, belum kepada manusia.

Setelah mengetahui manfaat madu hitam di atas, mulai sekarang Anda dapat menyediakan madu hitam sebagai pelengkap asupan nutrisi bagi anggota keluarga di rumah. Bisa pesan disini

Madu Bima 99

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan informasi tentang Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan | Grosir Herbal Murah

Belum ada komentar untuk Madu Hitam Pahit Untuk Kesehatan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan